Khotbah jumat tentang Syukur

18 02 2008

Suatu hari Jumat yang cerah, tiba waktu untuk menunaikan ibadah Sholat Jum’at.

Sholat jumat kali ini seperti biasa seperti sebelunnya tapi yang spesial adalah tema khotbahnya.

Prerequisites.
Seperti biasa pukul 12.00 kurang 15 menit aku naik ke atas Gedung German Center. Sesampainya diatas gedung sebelum mengambil air wudhu, ada ritual yang saya lakukan sekitar 10-15 Menit. Mau tahu apa ? , Tebak…. ” … ” …. Jawaban anda salah “Aku telpon CINTA”. Sambil tilpun seperti biasa aku mengelilingi atap gedung sambil lihat-lihat pemandangan wilayah Bumi Serpong Damai (BSD) dari atas gedung berlantai 7.

Setelah 10 menit berlalu langsung keacara sholat jumat……. Jrengggg.

Begini isi Khotbahnya Khotib.

Judul Khotbah : Syukur

“Pada kesempatan jumat kali ini saya ingin menucapkan syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dan Khotib berwasiat untuk diri khotib pribadi dan untuk jamaah sekalian, semoga kita selalu meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Dan taklupa semoga rahmat dan hidayah selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.”

“Allah telah mencurahkan nikmat rizki yang tiada terkira dibumi tercinta ini dan kepada semua mahluknya dan Allah memerintahkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Lalu bagaimana dan seperti apa cara kita bersyukur atas nikmat tersebut. Salah seorang Imam …. (Lupa namanya, Penulis) mengibaratkan bahwa syukur adalah ibarat seekor burung yang berada didalam sangkar. Burung tersebut diberikan makanan dibersihkan kandangnya dan berada dalam lingkungan yang sehat. Ucapan syukur adalah ketika burung terebut diberikan pasangan, yang terjadi adalah burung tersebut berkembang biak. Semakin lama burung akan semakin banyak seiring dengan kehidupan. Nah sama halnya dengan syukur jika kita bersyukur maka insyaAllah rizki dan nikmat yang kita dapatkan pun akan semakin banyak.”

“Apa arti syukur sesungguhnya, apakah cukup mensimbolkannya dengan mengucapkan Alhamdullah….. “Yah itu Benar”. Tapi mari kita kaji lebih jauh yang bukan hanya diucapkan tapi tindakan. Menurut ….. (Lupa, penulis). Syukur berarti mendistribusikan apa yang telah diberikan oleh Allah untuk digunakan demi kepentingan yang juga di anjurkan oleh Allah. Jika kita mendapatkan apa yang kita usahakan tidak sepenuhnya milik kita, dan bukan mutlak hasil usaha kita sendiri. Itu adalah milik Allah yang dititipkan kepada umat manusia untuk menjadikan manusia tersebut tetap dapat beribadah kepada sang Khalik.

“Contohnya jika kita diberikan rizki oleh Allah setiap bulan berupa penghasilan atau gaji. bisa didistribusikan untuk keluarga yang memang menjadi tanggung kita, atau membantu saudara kita”. Bahkan secuil darinya didistribusikan ke orang-orang yang lebih membutuhkan.

lalu apa yang terjadi jika kita tidak bersyukur.

Orang yang tidak bersyukur akan merusak moral. Moralnya rusak ditandakan dengan tindakannya yang berbuat serakah dan sekehendak hati tanpa adanya batasan. Walaupun ada aturan yang membatasi biasanya orang-orang yang tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan akan melanggarnya. Seperti contoh para koruptor. Adalah orang-orang yang pada dasarnya bukan orang bodoh, mereka adalah orang pintar yang mengetahui seluk beluk sistem dan regulasi. Koruptor memanfaatkan kelemahan sistem untuk kemudian dijadikan jalan untuk memperkaya diri dengan cara yand sudah pasti dikatakan tidak halal.Koruptor akan sangat gila hormat terhadap orang-orang disekitarnya. Koruptor tidak bersyukur atas nikamat yang diberikan oleh Allah. Selalu merasa kekurangan adalah sifatnya.

About these ads

Actions

Information

One response

18 02 2008
dian

penulis bisa membawa pikiran pembaca, seakan pembaca berada dlm suasana khutbah jumat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: